4 Penyebab Terjadinya Nyeri Perut pada Ibu Hamil

Pada masa kehamilan rasa nyeri pada perut akan hingga membuat Anda tidak nyaman untuk beraktivitas. Anda perlu mengetahui penyebab terjadinya nyeri pada bagian perut agar bisa mengatasinya secepat mungkin. Kesehatan Anda akan berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan bayi di dalam kandungan.


1.      Rahim yang Membesar

Kondisi rahim mengalami pembesaran karena pertumbuhan janin yang menekan otot-otot dan juga pembuluh darah yang ada pada rahim hingga melebar. Tekanan yang terjadi ini menimbulkan rasa nyeri karena Anda akan lebih mudah merasakan begah bahkan kesulitan menarik napas.

Ketidaknyamanan pada perut Anda akan memberikan dampak menurunnya nafsu makan dan mudah mengalami kelelahan. Anda harus mengatasi masalah ini dengan banyak istirahat dahulu dan tetap makan dengan porsi sedikit tetapi berulang kali. Mengonsumsi susu khusus ibu hamil akan membantu Anda mengatasi permasalahan.

Nutrisi yang ada di dalam susu akan membantu Anda  untuk tetap memenuhi kebutuhan nutrisi bayi di dalam kandungan. Anda bisa mendapatkan susu khusus ibu hamil dengan harga lebaran sale 2018 dengan diskon hingga 18% untuk setiap pembelian produk susu. Anda bisa memilih susu yang sesuai dengan selera dan kebutuhan.

2.      Nyeri Ligamen

Nyeri ini akan terasa pada bagian perut kanan atau kiri bawah dan dapat menjalar hingga ke daerah sekitar paha Anda. Nyeri ligamen yang terjadi adalah pada ligamentum rotundum yang merupakan sebuah jaringan penyangga pada rahim.

Ketika Anda hamil dan perut mulai membesar, maka ligamen ini akan mengalami perenggangan yang akan membuat Anda merasa tidak nyaman hingga nyeri. Nyeri ini akan terjadi mulai dari usia 6 bulan ke atas, kondisi ini akan membuat Anda tidak bisa beraktivitas dengan nyaman.

Anda bisa mencoba mengatasi rasa nyeri ini dengan melakukan bersujud selama kurang lebih 30 detik hingga 1-2 menit.  Bisa juga dengan berbaring ke sisi kiri dengan posisi meringkuk seperti bayi yang sedang tidur. Posisi meringkuk ini dilakukan selama 30 detik hingga 1-2 menit.

3.      Kembung

Nyeri hingga kembung terjadi karena adanya perubahan produksi hormon pada tubuh selama masa kehamilan Anda. Perubahan hormon yang terjadi akan mempengaruhi sistem pencernaan hingga menyebabkan kembung. Kembung adalah sebuah kondisi di mana terdapat gas di dalam perut yang menyebabkan timbulnya rasa nyeri pada perut.

4.      Sembelit

Sistem pencernaan pada masa kehamilan akan mengalami gangguan karena meningkatnya hormon progesteron. Gangguan yang terjadi akan menyebabkan proses pengolahan makanan menjadi lambat sehingga menyebabkan penumpukan kotoran di dalam tubuh Anda.

Atasi sembelit dengan konsumsi makanan yang memiliki kandungan serat seperti buah dan sayur-sayuran. Anda juga harus memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh agar pencernaan menjadi lancar. Selama masa kehamilan Anda perlu minum minimal 2,5 liter hinga 3 liter air putih setiap harinya.

Rasa nyeri dapat Anda atasi dengan menjaga makanan yang dikonsumsi dan juga mengatasinya dengan melakukan olahraga. Anda juga perlu rutin memeriksakan kandungan agar dapat mengatasi permasalahan yang terjadi lebih awal. Pemeriksaan dilakukan satu kali setiap trimester dan pastikan Anda juga memantau peningkatan berat badan setiap periode trimester.